Museum Batik Pekalongan

Ketika menyebut kota Pekalongan, apa yang terlintas di pikiran anda? Batik. Memang Batik sudah menjadi ciri khas dari Kota ini. Batik Pekalongan, Batik yang sangat terkenal. Selain itu Pekalongan juga di nobatkan sebagai Kota Kreatif pertama di Indonesia oleh UNESCO. Hingga akhir tahun 2015, Hanya Pekalongan satu-satunya kota Kreatif yang di akui Oleh UNESCO.

Bagaimana dengan wisatanya? Pekalongan tentu saja punya. Mulai dari pantai, pegunungan hingga wisata Budaya. Salh satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi jika ke Pekalongan adalah Museum Batik.
Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan
Sangat aneh rasanya mengunjungi Kota Batik tapi tidak menyempatka singgah di Museum Batik. Museum yang berada di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan, Jawa Tengah ini merupakan destinasi yang wajib disinggahi.

Museum Batik ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006. Ada sekita seribu lebih koleksi Batik didalamnya. Pajangan yang ada di dalam Museum ini terdiri dari berbagai hal yang berkaitan dengan Batik, termasuk alat yang digunakan untuk membatik. Museum batik Pekalonga terdiri dari tiga ruangan utama, yaitu:
  • Ruangan Pertama: Digunakan untuk memamerkan batik-batik dari daerah pesisir pulau Jawa
  • Ruangan kedua: Digunakan untuk memamerkan Batik-batik hasil sumbangan tokoh-tokoh penting
  • Ruangan ketiga: Digunakan untuk memamerkan koleksi batik tanah air.
Koleksi Museum Batik Pekalongan
Koleksi Museum Batik Pekalongan

Taman Museum Batik Pekalongan
Taman Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Untuk masuk kedalam Museum, Pengunjung dikenakan biaya 5.000-10.000 Rupiah.  Tentunya sangat murah untuk mendapatkan ilmu dari museum ini. Selain sekedar melihat suasana di dalam museum, Pengunjung juga bisa belajar untuk membuat Batik. Biaya yang dikenakan adalah 20.000-75.000 Rupiah, tergantung paket yang kamu ambil.
Belajar membatik
Belajar Membatik
Setelah tahu lebih luas apa itu Batik, mak kamu dijamin akan menjunjung tinggi warisan budaya yang ada di Indonesia ini. Museum Batik di Kota Pekalongan merupakan wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya bangsa

Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Museum Batik Pekalongan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top